Waktu Favorit Menulis

Sejak memutuskan untuk menjadi penulis profesional (dalam artian, kegiatan menulis tidak hanya sekadar hobi), maka itu artinya saya memang harus memberikan porsi menulis lebih banyak. Namun, bukan berarti 24 jam dan 7 hari dalam seminggu, saya gunakan untuk menulis, enggak seperti itu jugaa. Huehehe. 😎😎😎 Normalnya, saya menulis 3 - 4 jam di pagi hari... Continue Reading →

1 Hari Menulis Buku dan 1 Jam Membuat Artikel? Yuks

Tulisan saya ini ada juga di sini dan sini. Ngebaca judulnya menimbulkan pertanyaan "Mungkinkah?" Dan jawabannya adalah SANGAT MUNGKIN. Saya sudah mengalaminya sendiri. 🙂 Tentu saja, syarat dan ketentuan berlaku, ya. Kalau pengalaman saya seperti inii.... Poin-poin penting yang harus tertanam sebelum praktik adalah: 1. Siapa pun bisa, kecuali yang enggak mau 2. Bagaimana kalau... Continue Reading →

Ragam Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Rasanya ingin ngelus dada kalau di zaman sekarang ini masih aja adaa pertanyaan dudul, "Lhoh, di rumah bisa kerja?" apalagi jika ditanyakan oleh orang yang seharusnya tahu, bukan orang sepuh zaman bapak atau ibu saya apalagi nenek saya. Makin miris ketika ada pernyataan lagi, "Di rumah enggak bisa ngapa-ngapain?" Sabarrr. Rasanya, udah bukan barang baru... Continue Reading →

Menerangkan Profesi “Penulis Konten” ke Awam

Saya memulai merintis karier di dunia kepenulisan sebagai penulis konten 2009 silam. Selama itu, kerap kali saya ditanya, "Penulis konten? Apaan itu?" Menerangkan profesi "penulis konten" ke sesama penulis atau orang yang bergelut di bidang penulisan tentunya sih enggak perlu. Toh, mereka sudah ngeh dan memang enggak nanya lagi. Tapi menjelaskan profesi tsb ke awam... Continue Reading →

Dua Jenis Penulis

Menurut Donal Mass, penulis novel, penulis itu ada dua jenis: status seeker (hanya menulis karena ingin dapat pengakuan) & benar-benar penulis (story teller) karena ingin menyampaikan sesuatu pada pembaca dan ingin tulisannya bermanfaat, yang seperti ini menikmati proses jatuh bangunnya 😊  

Menulis itu Menyenangkan

Tulisan ini (poin-poinnya) saya ambil dari materi yang saya sampaikan ketika menjadi pembicara di SMPN 1 Balikpapan pada 28 September 2014 silam dalam rangka seminar kepenulisan yang diadakan oleh Balikpapan Menyala. Per 1 Agustus, suami saya sudah enggak di Balikpapan lagi, tapi di Medan. Jadi ya anggap saja ini kenang-kenangan. Balikpapan, am gonna miss you.... Continue Reading →

4 Mental yang Harus Dimiliki Freelancer

"Ihh ... enak kamu Mi bisa nyantai, kan kerjaanmu enggak terikat," "Lhoh, jadi kamu kerja di rumah? Wah, enak dong bisa leha-leha jayaa," "Di rumah emang bisa kerja, ya?" "Kerja di rumah? Oh, nggak kerja ta," "Kamu aja deh yang ngurusin, kan enggak ngapa-ngapain," "Emang enggak bosan, ya?" "Pengin juga deh kerja kayak kamu biar... Continue Reading →

Blog at WordPress.com.

Up ↑